Sabtu, 21 Januari 2012

Program Corporate Social Responsibility Pada Indosat

Dewasa ini setiap Perusahaan harus memiliki program Corporate Sosial Responsibility sebagai bentuk tanggung jawab kepada konsumen. Program Corporate Sosial Responsibility merupakan bentuk dari peranan perusahaan dalam peningkatan kepekaan, kepedulian terhadap lingkungan, masalah etika serta pengembangan kualitas masyarakat. 
Sebagai contoh CSR pada perusahaan Indosat yang berkomitmen mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia selain hal tersebut perusahaan Indosat juga tidak lupa untuk melakukan tata kelola  di dalam perusahaan yang baik. 

Penerapan CSR Indosat mencakup 5 inisiatif, yang dilakukan secara berkesinambungan yaitu:

Organizational Governance
Penerapan tata kelola Perusahaan terbaik termasuk mematuhi regulasi dan ketentuan yang berlaku, berlandaskan 5 prinsip: transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, interpendensi dan kesetaraan.

Consumer Issues
Menyediakan dan mengembangkan produk dan jasa telekomunikasi yang memberikan manfaat luas bagi pemakainya, layanan yang transparan dan terpercaya.

Labor Practices
Mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan antara Perusahaan dan karyawan serta pengembangan sistem, organisasi dan fasilitas pendukung sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Perusahaan.

Environment
Mengembangkan budaya Peduli lingkungan termasuk upaya-upaya nyata untuk mengurangi penggunaan emisi karbon dalam kegiatan perusahaan.

Community Involvement
Ikut mengembangkan kualitas hidup komunitas dalam hal kualitas pendidikan sekolah dan olahraga, kualitas kesehatan, serta ikut serta dalam mendukung kegiatan sosial komunitas termasuk bantuan saat bencana/musibah.
      
Sumber : www.indosat.com
Analisis :
Kegiatan CSR sangatlah penting dalam upaya membangun citra dan reputasi  perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan konsumen maupun partner bisnis pada perusahaan tersebut.