Rabu, 10 November 2010

metodologi bab I


Metode Penelitian
 Objek penelitian
                Sebagai objek penelitian yaitu Rumah Sakit Eka Hospital.
   
   Jenis Data
1.      Data primer à wawancara dan kuesioner
2.      Data sekunder à Data yang ada

Data / Variabel
Data yang diambil adalah data primer yaitu data yang langsung didapat dari konsumen. variabel yang digunakan adalah pelayanan RS. Eka Hospital yang meliputi sebagai berikut :
3.      Variabel Bebas :
X1 = kualitas pelayanan medis
X2 = kualitas pelayanan paramedis
X3 = kualitas penunjang medis
4.      Variabel terikat :
Y = kepuasan konsumen

Metode pengumpulan data
                     Untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu :
a.       Wawancara
Yaitu suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tanya jawab            kepada pasien/keluarga pasien.
b.      Quesioner
Yaitu dengan menggunakan kuesioner yang penulis siapkan terlebih dahulu untuk wawancara dengan pihak responden yaitu konsumen (pasien) di Rumah Sakit Eka Hospital.
c.       Observasi
      Yaitu dengan mendatangi langsung Rumah Sakit Eka Hospital untuk mendapatkan Data yang diperlukan.

Hipotesis
                     Hipotesis yang akan dibuktikan disini oleh penulis yaitu :
                     Ho :  Konsumen (pasien) merasa tidak puas terhadap pelayanan Rumah Sakit Eka Hospital.
                     Ha :  Konsumen (pasien) merasa puas terhadap pelayanan Rumah Sakit Eka Hospital.

Alat analisis
                     Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode uji statistik deskriptif, uji t, uji ketepatan model dan uji asumsi klasik.

BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
              Dunia usaha dewasa ini berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan adanya kemajuan teknologi. Sejalan dengan kemajuan tersebut konsep pemasaran pun ikut berkembang. Kegiatan pemasaran sekarang mulai di fokuskan pada pemuasan kebutuhan konsumen. Pada umumnya setiap perusahaan bertujuan untuk mencari laba,  tujuan tersebut tidak terlepas dari pemasaran. Pemasaran itu sendiri sudah harus dipikirkan jauh hari sebelumnya, agar tepat pada sasaran konsumen. Karena konsumen yang potensial akan mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya faktor harga, pelayanan, lokasi, dan fasilitas yang ada sebelum memilih tempat yang dapat memberikan kepuasan tertinggi.
               Dewasa ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan dalam dunia bisnis layanan kesehatan. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam jasa, maka tingkat kepuasan konsumen (pasien) akan sangat berpengaruh terhadap laba Rumah Sakit. Dalam hal ini pemasaran menduduki tempat utama untuk menyadari hal ini, Rumah Sakit harus dapat memahami perilaku konsumen.
               Demikian juga dalam mengambil keputusan mengenai alternatif pilihan Rumah Sakit, konsumen akan mempertimbangkan berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya yaitu kenyamanan tempat, biaya yang dikeluarkan, keprofesionalan dokter dan perawatnya, serta kualitasnya.
               Berdasarkan kenyataan  di atas, maka penulis mencoba untuk melakukan penelitian mengenai “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT EKA HOSPITAL – TANGERANG” .

1.2        Rumusan dan Batasan Masalah
          Batasan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar kepuasan konsumen (pasien) terhadap pelayanan RS. Eka Hospital berdasarkan variabel yang terbagi dalam 5 dimensi yaitu keresponsifan, emphaty, tangibles, assurance, dan reliability.
         Perumusan masalah diselasaikan dengan menggunakan metode analisis Chi Square baik untuk perdimensi maupun keseluruhan dan juga Skala Likert yang melibatkan sebanyak 50 orang responden sebagai konsumen Rs. Eka Hospital.
           Untuk lebih menyederhanakan masalah, maka dalam penelitian ini masalah dibatasi sebagai berikut :
a.       Objek penelitian ini adalah konsumen (pasien) RS. Eka Hospital.
Atribut (variabel) yang dipakai adalah variabel yang terbagi dalam 5 dimensi yaitu keresponsifan, emphaty, tangibles, assurance, dan reliability.

1.3     Tujuan Penelitian
   Tujuan dari penelitian ini adalah :
   Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan jasa RS.           Manfaat Penelitian
a.       Bagi penulis
      Diharapkan penelitian ini berguna menambah wawasan dalam       mempelajar pemasaran yang berhubungan dengan prilaku konsumen.

b.      Bagi Rumah Sakit
      Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan salah satu acuan dalam          menetapkan     strategi pemasaran.

c.       Bagi pihak lain
      Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbandingan dalam             memecahkan masalah sejenis.