BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dunia usaha dewasa ini berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan adanya kemajuan teknologi. Sejalan dengan kemajuan tersebut konsep pemasaran pun ikut berkembang. Kegiatan pemasaran sekarang mulai di fokuskan pada pemuasan kebutuhan konsumen. Pada umumnya setiap perusahaan bertujuan untuk mencari laba, tujuan tersebut tidak terlepas dari pemasaran. Pemasaran itu sendiri sudah harus dipikirkan jauh hari sebelumnya, agar tepat pada sasaran konsumen. Karena konsumen yang potensial akan mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya faktor harga, pelayanan, lokasi, dan fasilitas yang ada sebelum memilih tempat yang dapat memberikan kepuasan tertinggi.
Dewasa ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan dalam dunia bisnis layanan kesehatan. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam jasa, maka tingkat kepuasan konsumen (pasien) akan sangat berpengaruh terhadap laba Rumah Sakit. Dalam hal ini pemasaran menduduki tempat utama untuk menyadari hal ini, Rumah Sakit harus dapat memahami perilaku konsumen.
Demikian juga dalam mengambil keputusan mengenai alternatif pilihan Rumah Sakit, konsumen akan mempertimbangkan berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya yaitu kenyamanan tempat, biaya yang dikeluarkan, keprofesionalan dokter dan perawatnya, serta kualitasnya.
Berdasarkan kenyataan di atas, maka penulis mencoba untuk melakukan penelitian mengenai “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT EKA HOSPITAL – TANGERANG” .
1.2 Rumusan dan Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar kepuasan konsumen (pasien) terhadap pelayanan RS. Eka Hospital berdasarkan variabel yang terbagi dalam 5 dimensi yaitu keresponsifan, emphaty, tangibles, assurance, dan reliability.
Perumusan masalah diselasaikan dengan menggunakan metode analisis Chi Square baik untuk perdimensi maupun keseluruhan dan juga Skala Likert yang melibatkan sebanyak 50 orang responden sebagai konsumen Rs. Eka Hospital.
Untuk lebih menyederhanakan masalah, maka dalam penelitian ini masalah dibatasi sebagai berikut :
a. Objek penelitian ini adalah konsumen (pasien) RS. Eka Hospital.
Atribut (variabel) yang dipakai adalah variabel yang terbagi dalam 5 dimensi yaitu keresponsifan, emphaty, tangibles, assurance, dan reliability.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan jasa RS. Manfaat Penelitian
a. Bagi penulis
Diharapkan penelitian ini berguna menambah wawasan dalam mempelajar pemasaran yang berhubungan dengan prilaku konsumen.
b. Bagi Rumah Sakit
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan salah satu acuan dalam menetapkan strategi pemasaran.
c. Bagi pihak lain
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbandingan dalam memecahkan masalah sejenis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar