Jumat, 01 Oktober 2010

jurnal


Tema
“ Analisis Faktor Eksternal dan Internal Pada Bank”

Judul
“ Analisis Faktor Internal dan Eksternal Pada Bank Mandiri Yang Berkaitan Dengan Pengelolaan Dana”

Pengarang
Bambang Darmadi

Latar Belakang
            Krisis yang melanda perekonomian Indonesia sejak tahun 1997 secara berangsur mulai membaik. Kondisi moneter dan perbankan yang sempat terganggu oleh krisis nilai tukar dan perbankan tentu amatlah melemahkan keberadaan bank sebagai mediator dana dalam menghidupankan perekonomian yang ada. Dan dengan semakin kompleksnya permasalahan yang  dihadapi dunia perbankan dewasa ini tingkat persaingan antar bank semakin meningkat dimana setiap bank dituntut untuk dapat memulihkan kinerja, jika bank tidak dapat memulihkan kinerjanya maka akan masuk dalam perawatan BPPN dan  terkena program retrukturisasi oleh pemerintah. Untuk dapat melakukan pemulihan kinerja bank maka diperlukan strategi yang tepat dalam mengelola dana masyarakat yang merupakan salah satu fungsi bank.

Rumusan Masalah
            Rumusan masalah yang ingin dikemukan adalah melakukan analisa internal dan eksternal dari lingkungan yang selalu berubah,

Tujuan Penelitian
             Adapun tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa internal dan eksternal terhadap masalah yang dihadapi bank dalam mengelola sumber dan penggunaan dana.

Metodologi
            Dalam penulisan ini penulis menggunakan data sekunder berupa peringkat Total Aktiva yang dimiliki dan juga peringkat kesehatan perbangkan

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil :
1.      Industri perbankan memegang peranan penting dalam proses pembangunan ekonomi dalam mengerakan dana.
2.      Pada kenyataannya bank menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan pertumbuhan industri perbankan yang semakin banyak dan memiliki permodalan yang kuat.
3.      Untuk dapat menjalankan strategi pemasaran yang tepat diperlukan perpaduan strategi pemasaran yang baik antara dengan strategi produk, harga dan promosi serta pasar.
4.      Bank ini bank pemerintah harus menyadari bahwa untuk dapat bersaing dan berkembang sesuai dengan peningkatan dalam berkompetisi maka factor pemasaran perlu ditingkatkan.
5.      Kesulitan yang dihadapi bank adalah perubahan lingkungan dunia perbankan yang semakin cepat dan besarnya permasalahan yang dihadapi untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat.

Saran
a.      Semakin ketatnya persaingan didunia perbankan menuntut bank untuk terus dapat membenahi berbagai persoalan seperti masalah teknologi, sumber daya manusia dan strategi pemasaran.
b.      Sebaiknya dilakukan kerja sama dengan pihak lain atau intansi swasta lainnya dalam meningkatkan promosi melalui berbagai cara pengenalan produk dan fasilitas perbankan yang dimiliki bank Mandiri.
c.      Produk perbankan merupakan suatu produk intangible yang mana diperlukan suatu pelayanan yang baik pada setiap proses transaksi dan sesudahnya sehingga hal tersebut dapat menarik masyarakat dalam menyimpan dan menggunakan produk perbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar