Jumat, 01 Oktober 2010

jurnal


Tema                                                    
“Biaya Pada Rumah Sakit”

Judul                                               
“Peranan Biaya Untuk Menetapkan Tarif Sewa Kamar Rawat Inap  Pada Rumah Sakit Persahabatan”

Pengarang                                        
Sari Widianingsih dan Suryadi HS.

Tahun                                                            
2009

Latar Belakang
                                                           
Menggingat biaya Rumah Sakit yang dikeluarkan  cukup besar, maka perlu dibuat suatu anggaran yang memperkirakan berapa besarnya biaya yang dikeluarkan Rumah Sakit dari beberapa jenis perhitungan biaya. Salah satunya adalah menganggarkan biaya operasional perawatan, sehingga diharapkan dapat mnegetahui pendapatan yang di terima serta dapat menentukan tarif dasar yang akan dikenakan untuk jasa rawat inap diRumah Sakit agar diperoleh tarif perawatan yang mampu bersaing dan terjangkau oleh masyarakat umum.

Rumusan dan Batasan Masalah
       
Masalah yang dibahas :
1.      Berapa biaya yang diperhitungkan oelh Rumah Sakit Persahabatan untuk menentukan penetapan harga sewa kamar ?
2.      Metode apa yang diperhitungkan dalam penetapan tarif sewa kamar rawat inap pada Rumah Sakit Persahabatan ?
3.      Faktor apa saja yang berpengaruh dalam menetapakan tarif sewa kamar rawat inap  pada Rumah Sakit Persahabatan ?

            Penulis membatasi permasalahan dalam menetapakan tariff sewa kamar rawat inap ynag dapat mencerminkan efisiemsi biaya operasional atas perawatan yang khususnya ruang rawat kelas II, dan kelas III pada Rumah Sakit Persahabatan.

Tujuan  Penelitian
Adapun tujuannya sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui biaya yang diperhitungkan oleh Rumah Sakit Persahabatan untuk penetapan harga sewa kamar.
2.      Untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam penetapan tarif sewa kamar inap pada Rumah Sakit Persahabatan.
3.      Untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh  dalam menetapakan tariff sewa kamar rawat inap pada Rumah Sakit Persahabatan.


Metodologi

            Dalam penulisan ini penulis menggunakan data historis dan deskriptif untuk mendapatkan gambaran umum berdasarkan pada perhitungan waktu , tenaga kerja, perhitungan material, dan perhitungan tarif sewa kamar inap pada  Rumah Sakit Persahabatan. Berdasarkan data yang diperoleh penulis maka penulis menggunakan analisis deskripsi dan data yang digunakan merupakan data kuantitatif. Metode yang digunakan untuk perhitungan tarif sewa kamar adalah dengan menggunakan metode time and material pricing dalam masalah ini variable yang saling berhubungan adalah variable tenaga kerja dan variable bahan baku. 

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil :
1.      Dalam menentukan tarif sewa kamar rawat inap, dengan menggunakan metode Time and material pricing yang digunakan sebagai dasar dalam perhitungan adalah biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan baku langsung.
2.      Dalam menentukan tarif sewa kamar rawat inap pada Rumah Sakit Persahabatan, penulis menggunakan metode time and material pricing yang cocok  untuk perusahaan jasa.
3.      Faktor dalam menentukan tarif sewa kamar inap pihak rumah sakit melakukan perhitungan dengan cara memberikan subsidi kepada masyarakat kurang mampu, dan pengalokasian beban dari kelas perawatan rendah ke kelas perawatan lebih tinggi agar kelas perawatan rendah lebih memadai ( subsidi silang ).

Saran
1.      Dalam penetapan tarif ruang rawat inap sebaiknya Rumah Sakit menggunakan metode time and material pricing dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penetapan tarif rawat inap khususnya keputusan dalam pemilihn bahan baku dan tenaga kerja yag digunakan.
2.      Sebaiknya faktor dalam menentukan tarif sewa kamar selain dari subsidi silang perusahaan  juga memberikan kebijaksanaan bagi pasien yang kurang mampu dan juga memperhatikan faktor eksternal/pesaing menguasai pasar sehingga menutup peluang memperoleh laba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar